Rabu, 02 Januari 2013

5 cm.


Persahabatan, Cinta dan Nasionalisme



5cm., Persahabatan, Cinta dan Nasionalisme

Alur cerita: 5cm. film yang diangkat dari novel karya Donny Dhirgantoro ini telah diangkat menjadi film. Bercerita tentang 5 sahabat dengan kisah perjuangan hidup mereka dan obsesi yang menggebu untuk mempertahankan makna persahabatan mereka.

5cm., Persahabatan, Cinta dan Nasionalisme

Akhirnya, fenomena itu kembali terjadi untuk kedua kalinya (setelah The Raid) di Indonesia. Film 5cm. berhasil membuat masyarakat di Indonesia rela mengantri berjam-jam untuk menonton film adaptasi novel karya Donny Dhirgantoro yang disutradarai oleh Rizal Mantovani.

5cm. menceritakan persahabatan 5 orang, dibintangi oleh Herjunot Ali sebagai Zafran, Raline Shah sebagai Riani, Fedi Nuril sebagai Genta, Pevita Pearce sebagai Dinda, Denny Sumargo sebagai Arial dan Igor 'Saykoji' sebagai Ian, mengedepankan kisah bagaimana 5 orang sahabat saling mengisi kekurangan mereka, saling menghargai dan saling membantu satu sama lain untuk waktu yang lama.

Dengan mengedepankan genre drama petualangan, Rizal Mantovani melukiskan isi novel 5cm. secara apik dan natural. Karakter yang muncul dalam film tersebut benar-benar terasa hidup dan membuat kita tidak akan menyangka bahwa mereka hanya berakting dalam sebuah film. Natural!

Kehebatan pemilihan pemeran ini yang memang kami soroti. Entah bagaimana sang sutradara membentuk mereka untuk benar-benar menjiwai peran tersebut. Namun, memang harus diakui, bahwa Rizal seakan ingin menunjukkan bahwa di Indonesia, bahwa masih banyak aktor-aktris yang bisa dan sanggup memerankan sebuah karakter dengan natural atau tidak dibuat-buat.

Cerita novel yang di'hidup'kan dalam sebuah gambar bergerak (baca: film) bukanlah hal yang mudah. Namun di film ini kita menemukan sebuah detil cerita yang dirangkai dengan baik dan apik oleh sang sutradara.

Pemandangan dari Semeru dan Mahameru menjadi nilai lebih bagi kita para penonton. Mendeskripsikan Indonesia dengan baik itu sangatlah sulit. Lihatlah bagaimana Rizal mengkombinasi kawasan perkotaan, warung makan, stasiun, jalan perkampungan, persawahan dan pegunungan dalam satu film untuk menggambarkan Indonesia.

Herjunot Ali (Zafran) memang layak dipuji. Ali berhasil memerankan perannya dengan baik. Karena memerankan sosok Zafran yang ceria, puitis, pecinta sejati dan konyol bukanlah perkara mudah. Pun yang berhasil mencuri perhatian adalah peran Raline Shah sebagai Riani. Sangat menggambarkan wanita Indonesia yang anggun, penuh perhatian dan pintar menyembunyikan perasaan.

Selama 2 jam, 5cm. berhasil membuat suasana hati bercampuraduk. Sedih, tertawa dan menegangkan, dibalut semua menjadi sebuah film yang indah untuk ditonton.

Hanya saja, kami merasa akan lebih lengkap bila film ini dirilis pertengahan Agustus lalu, karena akan jauh lebih mengena dan tentunya, membangkitkan rasa nasionalisme di dada setiap pemuda-pemudi Indonesia. Satu lagi, film ini seharusnya lebih memperhatikan detil untuk kondisi aktual bagaimana proses pendakian sebuah gunung, dengan aman tentunya. Apalagi gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa.

0 komentar:

Poskan Komentar