Kamis, 10 Januari 2013

Manfaat dan Khasiat Biji-bijian untuk Kesehatan




Banyak yang menyukai buah buahan maupun sayur sayuran, namun bijinya selalu saja dibuang, karena tidak tau manfaatnya, Ternyata biji bijian juga banyak mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan, berikut beberapa Khasiat dan Manfaat biji bijian untuk kesehatan kita.
 
1. Biji Pepaya 
Biji pepaya yang seringkali Anda buang percuma, ternyata memiliki manfaat untuk membersihkan racun berbahaya pada ginjal, membersihkan hati, serta meningkatkan sistem pencernaan.

2. Biji Labu
Biji labu kuning yang besar, sangat berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Biji labu rendah kalori dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebagai sumber zat besi dan seng, biji labu dapat membantu tubuh untuk melawan osteoporosis dan batu ginjal. Sifatnya yang anti-inflamasi dapat meningkatkan pencernaan dan mengatasi berbagai masalah perut.

3. Biji Tomat
Meskipun kecil, biji tomat sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah, dengan meningkatkan sirkulasi dalam darah dan mengeluarkan racun-racun yang tersimpan di dalam tubuh. Biji tomat juga mampu membantu kelancaran metabolisme, dan membersihkan saluran pencernaan.

4. Biji Delima
Cobalah untuk menikmati biji buah delima dan menelannya. Biji buah delima memiliki serat alami yang dapat membantu penurunan berat badan. Untuk membakar lemak lebih banyak, tambahkan biji delima sebagai salah satu menu kudapan Anda. Manfaat biji delima tidak sampai disitu. Fitokimia yang terkandung dalam delima, mengandung polifenol yang berfungsi untuk mencegah terjadinya sel kanker.

5. Biji Paprika
Biji paprika adalah biji yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi Anda. Selain sebagai sumber vitamin A,C, dan K yang meningkatkan sirkulasi darah, biji paprika juga mampu meningkatkan sistem imun. Likopen yang terkandung di dalam biji paprika, berfungsi untuk melawan proses penuaaan.

Itulah beberapa manfaat dari biji-bijian yang selalu kita buang, dan ternyata mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan

Semoga bermanfaat. 
sumber : Antara
http://www.nahap.com/2012/09/manfaaat-dan-khasiat-biji-bijian.html

0 komentar:

Posting Komentar